Selasa, 29 September 2015

Chicken & Corn Egg Drop Soup, Sup Ayam dengan Jagung dan Telur

Semangkuk sup yang hangat memang selalu cocok bersanding dengan musim hujan, saya yakin tidak banyak yang sanggup menolak ketika disuguhkan. Namun apa jadinya ketika sup tersebut disajikan saat matahari musim kemarau yang bersinar begitu terik?? Kali ini mungkin banyak yang enggan untuk menikmati hidangan ini dan memilih hidangan lain yang lebih sesuai dengan musim kemarau. Dan kebetulan saya adalah orang yang memilih untuk menikmati hidangan ini di siang bolong. Meski agak tidak sesuai dengan kondisi cuaca, siang itu saya sungguh puas bisa memasak dan menikmati menu yang satu ini. Sepanci sup saya nikmati seharian penuh tanpa perlu untuk menanak nasi di-rice cooker mungil milik saya dikost-kostan. Iya, hidangan ini memang sudah penuh nutrisi sehingga saya rasa ini sudah bisa dikatakan one meal dish ala-ala.

Saya tidak mengingat pasti kapan saya mencicipi egg drop soup untuk pertama kalinya, mungkin ketika saya masih kecil dahulu. Yang saya ingat pasti bahwa hidangan ini biasanya disajikan di restoran-restoran china sebagai menu pembukanya dan tentunya bukan sebagai one meal dish seperti yang saya lakukan ketika kemarin memasaknya. Di restoran china yang biasa saya dan keluarga kunjungi, telur baru akan dicampur kedalam soup oleh pelayan restoran tersebut sesaat setelah dihidangkan dimeja. Kami biasa menikmatinya sambil menunggu hidangan inti yang kami pesan tersaji di meja. Isi dari egg drop soup biasanya beragam, ada yang menyajikannya berpasangan dengan jagung, ayam, kepiting, hisit atau sirip hiu atau hanya egg drop soup saja. Sebenarnya karena saya tidak terbiasa dengan konsep-konsep appetizer, main course dan dessert, saya lumayan sering kalap saat menikmati egg drop soup ini, sehingga terkadang tidak dapat menghabiskan hidangan utamanya apalagi hidangan penutup. Saya memang sangat tergila-gila dengan rasa sederhana dan light dari egg drop sup ini. Biasanya, selepas pulang dari restoran saya selalu merengek kepada mama agar sesekali waktu dibuatkan. Dan biasanya juga mama akan berteori sup itu sebenarnya sangat gampang dibuat, lalu menjelaskan langkah-langkah namun tanpa pernah menunjukkan praktek nyatanya kepada kami. Saya kemudian meyakini bahwa sesungguhnya membuat egg drop soup ini tidak semudah apa yang diceritakan mama kepada kami, bahkan sebenarnya akan lebih sulit membuatnya ketimbang membuat sewajan besar rendang atau kari kambing yang selalu menjadi masakan andalan mama ketika ada acara dirumah.
Suasana dibalkon kamar kost-kostan saya, Matahari benar-benar terik

Namun apa yang saya percayai itu kemudian luntur seketika saya menonton cara pembuatan egg drop di youtube. Dan, seperti apa yang dikatakan mama biasanya membuat sup ternyata sangat-sangat mudah. Siapapun pasti dapat menyajikan hidangan ini dengan sempurna, bahkan saya yang baru pertama kalinya mencoba membuat hidangan ini bisa dikatakan berhasil dan sempurna untuk lidah saya. Resep ini saya sajikan diblog untuk menyambut musim hujan yang terlambat datang ditahun ini bersama harapan saya untuk segera dapat menikmati musim penghujan karena sudah benar-benar merindukan suasana dan aroma tanah dimusim hujan.

Chicken & Corn Egg Drop Soup

Bahan:
  • 250 gram ayam, saya menggunakan bagian paha atas dan bawah
  • 1 liter air.
  • 3 tongkol jagung manis, sisir
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 1 buah bawang bombay, cincang halus
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 tangkai daun bawang, iris halus 
  • 2 sdt kecap ikan
  • 1 sdm kecap asin
  • 1/2 - 1 sdt minyak wijen (optional, saya tidak pakai)
  • 1 1/2 sdm tepung sagu atau maizena (larutkan dengan 1 sdm air)
  • garam dan lada hitam, sesuai dengan selera
  • mentega atau minyak goreng untuk menumis
Cara membuat:
  1. rebus ayam dengan 1 liter air hingga matang dengan api yang kecil. Buang busa-busa yang mengambang dipermukaan rebusan air agar kaldu yang dihasilkan jernih dan tidak berbau amis. 
  2. Apabila ayam sudah matang, angkat ayam kemudian suwir-suwir. Masukan kembali tulang ayam kedalam kaldu, lalu rebus kembali selam kurang lebih 15 menit.  Saring kaldu. Sisihkan. Langkah 1 dan 2 dapat anda lewati apabila sudah memiliki rebusan daging ayam dan kaldu.
  3. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan sedikit layu, lalu masukkan kaldu diikuti oleh jagung dan suwiran ayam.
  4. Tambahkan kecap ikan, kecap asin, garam dan lada kedalam soup.
  5. Apabila jagung telah matang, kentalkan soup menggunakan larutan tepung maizena secara perlahan.
  6. Sesaat akan dihidangkan, masukkan kocokan telur kedalam sup, aduk secara perlahan dan searah sehingga dapat terbentuk serabut. Sajikan selagi hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar