Senin, 03 Agustus 2015

Massaman Curry, Kari Ayam khas Thailand

Kebiasaan untuk mencari resep-resep baru di internet dan mempraktekannya sendiri sepertinya dulu dimulai ketika saya menemukan JTT, sebuah blog masakan yang menurut saya super detail dalam menjelaskan tahapan-tahapan memasak. Saya memang sangat pemula dalam bidang masak-memasak, keahlian saya dalam memasakpun hanya berdasarkan ingatan saya tentang bagaimana mama mengolah makanan untuk kami dirumah karena dulu ketika masih tinggal dirumah Pekanbaru saya sering kali enggan bila diminta untuk membantu didapur. Alhasil, hanya sedikit variasi masakan yang bisa saya olah. Awal mencoba untuk masak sendiri kost-kostan pun, mama bolak-balik saya repotkan karena harus menerima telefon saya untuk menjawab pertanyaan sepele seperti "bawangnya dipake berapa biji mam??" atau "ini numis bumbunya berapa lama ma?? nanti kalo udah matang tandanya gimana???". Tidak jarang juga saya dulu malah kebingungan dengan instruksi-instruksi yang diberikan mama.  Meski hingga saat ini pun masih banyak olahan masakan yang belum dapat saya lakukan namun kalau mengingat saat itu, saya menjadi bersyukur bahwa meskipun saya terlambat untuk belajar masak, setidaknya saya tidak begitu terlambat (ehh.. bukannya tidak ada kata terlambat untuk belajar??) :)).
Massaman curry ini, kalau saya tidak salah ingat sudah dua kali saya buat. Semua resep dan tahapannya  saya dapat dari Mbak Endang JTT. Sebenernya ketika kali kedua saya sempat browsing-browsing resep yang serupa bahkan bolak-balik menyetel video di yutub karena niatannya ingin membuat massaman curry ini lebih otentik. Namun ternyata membuatnya jauh lebih sulit dan lama, aslinya proses memasak massaman curry ini hampir mirip dengan rendang Minang dimana bumbu-bumbunya tidak tumis namun dimatangkan dengan cara merebusnya dengan api kecil bersama santan. Tidak tega membiarkan saya terlalu lama berada didapur dan karena resep yang coba sebelumnya juga sudah sangat cocok buat saya maka saya memutuskan untuk kembali mengolah massaman curry ini sesuai dengan petunjuk yang dari mbak Endang.
Cita rasa dari massaman curry ini sendiri menurut saya mirip dengan gulai-gulai berempah dengan tambahan rasa asam yang menyegarkan namun tidak begitu kuat. Yang saya senangi ketika membuat massaman curry ini selain rasanya yang lezat menurut saya juga karena saya bisa menikmati sayuran dan lauk dalam satu menu jadi saya tidak perlu repot-repot memasak dua menu dan tentu saja jumlah piring kotor yang harus saya cuci berkurang!! hahahhaaa... Untuk sayurannya kali ini saya hanya menggunakan buncis saja, versi sebelumnya saya menggunakan kacang panjang dan terong sayur menggantikan terong bulat susah saya dapat disini. Rasanya sama-sama enak!! Kalau kapan-kapan membuat lagi saya pengen hanya menggunakan kentang saja seperti permintaan Si koko pacar ketika terakhir kemarin memasak ini.


Massaman Curry, Kari Ayam Khas Thailand

Bahan-bahan:
  • 1 kg dada ayam, potong sesuai selera
  • 20 tangkai buncis, atau sesuai dengan selera
  • 1 sdm garam
  • 1 1/2 sdm bubuk kunyit
  • 1 1/2 sdm lada
  • 1 buah bombay ukuran besar, iris tipis
  • 10 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 3 buah tomat belah menadi 6 bagian
  • 14 buah cabai keriting
  • 6 buah cabai rawit merah, bila ingin lebih pedas boleh ditambahkan
  • 1 sdm ketumbar
  • 1/2 sdm jintan
  • 1 1/2 ruas lengkuas
  • 1 ruas ibu jari kunyit
  • 1 1/2 sdm asam jawa, direndam dengan 
  • 3 buah kembang lawang (pekak)
  • 3 buah kapulaga
  • 5 buah cengkeh
  • 2 batang kayu manis ukuran kecil
  • 3 lembar daun salam
  • 4 lembar daun jeruk
  • 1 tangkai serai
  • 1 buah terasi pabrikan
  • 1 sdm saus tiram
  • 600 ml liter santan kental dari 1 butir kelapa
  • lada dan garam sesuai dengan selera.

Cara Memasak:
  1. Ungkap ayam sesaat dengan bubuk kunyit, lada dan garam. lalu goreng ayam dengan sedikit minyak hingga bagian luar terlihat berkulit saja namun masih belum matang sempurana. sisihkan
  2. haluskan  cabe merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, kunyit, ketumbar dan jintan.
  3. dengan sisa bekas minyak menggoreng ayam. tumis bawang bombay hingga setengah layu lalu tambahkan tomat, aduk rata.
  4. tambahkan kedalam tumisan bumbu halus beserta sisa bumbu lainnya (selain santan dan air) kemudian tumis hingga bumbu matang dan wangi
  5. Selah bumbu matang kemudian masukan ayam kedalam wajan, aduk rata. Biarkan hingga meresap sambil diaduk sesekali.
  6. setelah bumbu meresap dan asat tambahkan air lalu masak dengan api kecil hingga air menyusut setengahnya. 
  7. masukkan buncis atau sayuran lainnya yang anda miliki lalu aduk rata.
  8. masukkan santan secara bertahap. masak hingga santan berubah warna menjadi sedikit kecoklatan (seperti gulai dirumah makan padang). Angkat dan Sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar