Sabtu, 26 September 2015

Target dan Realisasi Blogging dibulan September

gambar diambil dari sini
Awal September kemarin sebenarnya saya sempat memasang target terhadap diri sendiri untuk mengisi blog dengan beberapa tulisan. Ada beberapa ide tulisan yang sebenarnya sudah saya dapatkan, entah hasil dari membaca beberapa buku yang sudah saya selesaikan selama agustus atau september kemarin, baca tulisan temen-temen blogger, atau baca artikel berita dimedia massa online (uhuukkk.. saya sudah cukup lama gak nonton tv, bukan karena memilih tidak nonton tv tapi tv saya di kost udah wassalam dan belum kepikiran buat beli lagi) juga beberapa diskusi yang sangat menarik dikelas yang mungkin bisa saya tuangkan kembali dalam tulisan-tulisan diblog ini. Tapi.. sekarang udah dipenghujung September belum ada satu tulisanpun yang berhasil nongol diblog saya. iyaaa... satupun belum dan ini akan menjadi yang pertama dibulan September!! hoaaaa... padahal target yang saya pasang tidak tanggung-tanggung (menurut ukuran saya loh), September saya harus berhasil menulis 10 konten untuk blog, atau setidaknya 2 tulisan untuk setiap minggunya.. SUPERRR SEKALII!!!

Bukan tanpa alasan mengapa kemarin saya membuat target menulis (dan diikuti oleh bukan tanpa alasan ngeles saya akhirnya tidak mampu mencapai targetnya), dan tentunya saja alasan membuat target tersebut bukan karena pembaca blog akan menanti-nantikan tulisan saya, karena selain tulisan-tulisan saya masih jauh dari kata bagus juga karena blog ini masih sepi pengunjung. #curhattt #eaaaa. Sebenarnya target itu saya buat agar saya memang bisa berlatih sedikit lebih giat lagi dalam membahasakan apa yang menjadi pemikiran saya. Yaaa.. belajar menulislah. Saya ingin melatih diri bagaimana menulis yang pop gitu, sehingga pembaca bisa merasa nyaman saat membaca tulisan saya, meski kadang kala saya juga ingin belajar menulis yang serius dengan topik yang mungkin sedikit berbobot juga namun tetap bisa membuat pembaca tertarik dengan tulisan saya. Kalau saja proses belajar itu nanti tidak dapat optimal, seenggaknya saya bisa mengaktualisasikan diri dalam menulis atau self healing dari segala macam tekanan yang saya temui sehari-hari.

Membuat target memang jauh lebih gampang dibandingkan merealisasikannya, setidak itu bagi saya yang kadang seakan-akan tidak tahu malu memutuskan target-target tertentu tanpa menganalisa kemampuan  dan kekurangan yang saya miliki. Dan kemudian target-target tersebut akhirnya hanya menjadi seperti mimpi dalam tidur saja. Ketika membuat target tersebut sebenarnya bertepatan dengan dimulainya kegiatan perkuliahan untuk semester ganjil dikampus, kesibukan-kesibukan mengenai tugas-tugas perkuliahan baik individu maupun kelompok yang biasanya menumpuk diawal semester juga tanggung jawab untuk segera menyelesaikan penulisan skripsi kesayangan kelihatannya sedikit luput dari pertimbangan saya dalam membuat target tersebut. Saya cukup kewalahan menyisihkan waktu untuk menulis blog karena kedua hal diatas. Dua minggu terakhir saya bahkan sengaja menyusun jadwal khusus untuk mengerjakan kedua hal tersebut agar tidak membuat frustasi ketika deadlinenya mendekati. Sebenarnya ada space waktu yang cukup untuk sekedar menulis dua atau tiga paragraf saja dengan tema-tema yang sederhana dalam blog, namun lagi-lagi saya malah memilih untuk bersantai-santai saja dan mencoba untuk melupakan target yang sudah saya buat. Ya disini memang kedisplinan menjadi musuh yang paling berat bagi saya. Mencoba dan berhasil disiplin untuk satu hal, dalam hal ini tanggung jawab saya sebagai seorang mahasiswa, namun lalai disiplin dalam hal lain. okelah,, kalau kita memang menggunakan dalil mengutamakan yang menjadi prioritas namun target-target yang ditetapkan diri sendiri juga seharusnya masuk dalam sebuah prioritas bukan??
gambar diambil dari sini

Oktober sudah didepan mata, maka saya harus sudah mulai menetapkan target-target yang harus saya capai dibulan selanjutnya dan menemukan cara yang paling tepat untuk merealisasinya. Berkaca dari apa yang sudah saya alami selama bulan September maka mungkin saya sebaiknya perlu mengambil waktu khusus untuk memikirkan target-target apa yang bisa dan harus saya berikan kepada diri saya sendiri dengan mempertimbangkan semua aspek yang ada didalam diri saya. Tentu kali ini bukan hanya target yang harus rumuskan, bila tidak ingin mencicipi kembali kegagalan. Ya target memang harus selalu berjodoh dengan planning. Minimal 10 postingan dibulan oktober??? Ahhh... semoga itu bukan target yang mustahil apabila saya berhasil menetapkan planning yang tepat juga mampu berkomitmen dan disiplin terhadap proses yang harus saya lalui. Lalu, apa target dan rencana mu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar